Dorong Pengembangan KEK Palu, PLN dan Pemkot Palu Bersinergi Percepat Pembangunan Jaringan Transmisi

  • Bagikan
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersinergi dalam melakukan percepatan pembangunan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Palu 3 - Tawaeli - Talise guna mendorong pengembangan Kawasan Ekonomi khusus (KEK) Palu.

PALU, BACAPESAN.COM – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersinergi dalam melakukan percepatan pembangunan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Palu 3 – Tawaeli – Talise guna mendorong pengembangan Kawasan Ekonomi khusus (KEK) Palu.

Pada kunjungannya ke Kantor Pemkot Walikota Palu Hari Selasa (21/02) yang disambut hangat oleh Walikota Palu Hadianto Rasyid, Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tengah (UPP Sulteng), Effendi Kusnianto menyampaikan progres pekerjaan pembangunan SUTT 150kV Palu 3 – Tawaeli – Talise yang berlokasi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala telah memasuki tahap pengadaan lahan dan konstruksi.

Menanggapi hal tersebut, Hadianto menyampaikan pihak Pemerintah Kota Palu akan memberikan perhatian khusus dan memberikan dukungan terhadap kebutuhan PLN, di antaranya dalam pengurusan ijin pemanfaatan lahan milik Pemkot yang akan digunakan untuk pembangunan tower transmisi.

“Kami sangat mendukung pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini karena dengan beroperasinya jaringan ini pasokan listrik kota Palu akan semakin baik, sehingga pembangunan KEK Palu pun bisa dipercepat dan dapat menarik investor lebih banyak,” tuturnya.

Mendengar hal itu, Effendi mengaku senang atas dukungan yang diberikan Pemerintah Kota Palu.

“Kami berterima kasih kepada Pemkot Palu yang sudah menyambut baik serta memberikan dukungan kepada PLN salah satunya dalam pengurusan penggunaan lahan milik Pemkot. Pembangunan jaringan transmisi ini merupakan jalur evakuasi daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Palu-3 berkapasitas 100MW yang saat ini telah memasuki tahap konstruksi dan rencananya akan beroperasi pada tahun 2024. Untuk itu SUTT 150 kV Palu 3 – Tawaeli – Talise harus siap terlebih dahulu,” ujarnya.

PLN terus mempererat sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam hal ini Pemerintah Kota Palu guna menghadirkan infrastruktur ketenagalistrikan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat demi mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Palu melalui pengembangan KEK Palu. (*)

  • Bagikan