Pertama di Sulsel, UMI Godok program Fast Track

  • Bagikan
Rektor UMI Prof Basri Modding dalam silaturahmi puluhan media jelang lebaran, Senin (17/4/2023).

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID– Universitas Muslim Indonesia (UMI) menjadi universitas pertama di Sulsel yang tengah menggodok program Fast Track.

Program Fast Track merupakan program percepatan perkuliahan yang memungkinkan mahasiswa mempersingkat waktu studi dari yang seharusnya 4 tahun sarjana dan 2 tahun magister menjadi lebih pendek, hanya dengan 5 tahun untuk meraih sarjana dan magister.

“Jadi program Fast Track sudah berlaku di Jawa, di Sulsel belum ada. Sekarang kita buat program 5 tahun kuliah sudah bisa menyelesaikan S1 dan S2 atau program Doktor, bahkan program S3,” ujar Rektor UMI Prof Basri Modding dalam silaturahmi puluhan media jelang lebaran, Senin (17/4/2023).

Menurut Prof Basri, Program ini membuat mahasiswa lebih efisien dari segi waktu maupun pembiayaan.

“Programnya sekarang sementara digodok, kurikulumnya sisa di tentukan berapa kurikulum yang di ambil di S1 dan berapa di S2. Tetapi Insya Allah semua yang masuk program ini lebih efisien,” ucapnya.

Terkait mahasiswa yang bisa mengikuti program ini, Prof Basri haruslah mahasiswa yang memiliki intelegensi tinggi, “Mahasiswa yang ikut program ini akan di seleksi, mungkin IPKnya 3,5 ke atas karena program ini khusus untuk orang-orang yang memiliki intelegensi tinggi. Maka kita fasilitasi, sama dengan di SMA yang bisa di selesaikan hanya 2 tahun,” jelasnya

Adapun untuk jurusan yang memberlakukan program ini adalah seluruh program studi yang memiliki S2 di UMI serta pendidikannya harus linear di S1 dan S2. (*)

  • Bagikan