Tingkatkan Pemahaman Program JKN, BPJS Kesehatan Sambangi PT Philips Seafood Indonesia

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Parepare menyambangi PT Philips Seafood Indonesia yang berada di Kabupaten Barru untuk menyelenggarakan sosialisasi Program JKN, Rabu (17/05). Melalui sosialisasi ini, diharapkan para pekerja mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang ada selama ini dan terhindar dari informasi yang keliru beredar di masyarakat.

Kegiatan yang dihadiri oleh 35 pekerja ini mendapatkan sosialisasi tentang hak dan kewajiban peserta, jenis-jenis kepesertaan, pelayanan di fasilitas kesehatan, dan berbagai kanal layanan informasi tanpa tatap muka. Dalam kesempatan yang sama, para pekerja di PT Philips Seafood Indonesia juga dipandu untuk melakukan pendaftaran sebagai pengguna Mobile JKN. Salah satu fitur yang menarik adalah pendaftaran online untuk pelayanan kesehatan. Jadi untuk mendapatkan pelayanan tidak perlu lagi antre lama di fasiitas kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati menyampaikan bahwa layanan tanpa tatap muka ini dapat diakses melalui Pandawa melalui nomor 08118165165, BPJS Kesehatan Care Center 165, dan Chat Assistant JKN (CHIKA) yang dapat dimanfaatkan secara praktis, kapan pun dan di mana pun. Selain itu, Peserta JKN juga dapat mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan lebih banyak lagi kemudahan layanan.

“Kami berharap dengan berbagai kemudahan ini, masyarakat jadi lebih mudah dan praktis saat harus mengakses layanan mulai dari pendaftaran peserta, perubahan data peserta, pendaftaran layanan untuk mengambil antrean di fasilitas kesehatan hingga melakukan skrining riwayat kesehatan,” ujar Andi Rismaniswati.

Lebih lanjut, Andi Rismaniswati menyampaikan bahwa semua kemudahan ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak sempat datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan. Peningkatan mutu layanan yang dilakukan ini semoga dapat mengubah stigma yang masih berkembang di masyarakat yang masih memiliki persepsi bahwa JKN itu ribet diskriminatif.

Supervisor PT Philips Seafood Indonesia, M. Yusuf yang ditemui oleh Tim Jamkesnews saat mengikuti kegiatan sosialisasi menyampaikan pengalamannya saat menerima pelayanan di rumah sakit dengan menggunakan kartu JKN. Menurutnya, pelayanan yang diberikan sangat memuaskan dan tidak ada tambahan biaya sedikit pun.

“Program JKN ini sangat bagus, Alhamdulillah setelah beberapa kali rawat inap saya tidak pernah mengeluarkan biaya sedikit pun. Saat dinyatakan sudah bisa pulang, ya langsung pulang saja tanpa harus memikirkan pembayaran rumah sakit lagi,” puji Yusuf.

Senada dengan Yusuf, Baharuddin Siragil atau yang akrab disapa Bahar mengacungi jempol atas berbagai inovasi yang disuguhkan oleh BPJS Kesehatan salah satunya dengan diberlakukannya sistem antrean online pada aplikasi Mobile JKN. Accounting PT Philips Seafood Indonesia ini, sangat senang karena tidak harus berlama-lama antre saat harus berobat.

“Alhamdulillah dengan adanya sosialisasi yang diselenggaran oleh BPJS Kesehatan ini, saya pribadi merasa sangat terbantu karena pegawainya memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan benar-benar menjawab pertanyaan kami,” tutup Bahar.

Bahar juga mengungkapkan kekagumannya dengan terhadap pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini. Ia berharap agar kegiatan serupa dilaksanakan secara berkelanjutan agar pemahaman tentang program JKN terus bertambah.

“Saya berharap semoga sosialisasi program JKN seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan oleh BPJS Kesehatan agar informasi simpang siur yang biasa kami dengar dapat terbantahkan dengan pemaparan yang sangat jelas. Semoga program JKN ini dapat terus berjalan dan memberikan kemudahan kepada pesertanya,” tutup Bahar. (***)

  • Bagikan