Mahasiswa KPI UIN Alauddin Jajal Destinasi Wisata Makassar, Belajar Menulis hingga Buat Berita

  • Bagikan
Mahasiswa KPI UIN Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar mengelar kuliah lapangan. Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal praktik menulis.

Kuliah lapangan lapangan ini digelar di Benteng Rotterdam, Jalan Pasar Ikan, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka langsung turun kelapangan dengan langsung belajar cara menulis berita.

“Karena ini mata kuliah Jurnalistik Media Online, tentu bagaimana agar mahasiswa mampu menulis berita dengan unsur 5W+1H,” kata Dosen KPI FDK UIN Alauddin Makassar Ibnu Munsir, Sabtu (8/7).

Ibnu–sapaan akrabnya membawa 2 gelombang mahasiswa terdiri dari 2 kelas. Mereka kemudian di bagi secara berkelompok untuk mengeksplore destinasi wisata di Makassar.

“Agar bagiamana mereka bisa menulis dengan mengeksplore wisata di Kota Makassar. Jadi mereka bisa merasakan langsung bagaiamana mencari data, mengolah dan kemudian menjadikan sebuah tulisan,” jelasnya.

Tak hanya itu, mahasiswa ini juga diminta untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk melakukan wawancara, agar apa yang di inginkan bisa di dapatkan.

“Jadi mereka praktik langsung bagaiamana menghadapi narasumber, bagaiamana cara wawancara, tentu dengan teknik jurnalistik,” paparnya.

Olehnya itu, Ibnu yang juga sebagai dosen Ilmu Komunikasi UMI dan Cokro Makassar ini berharap mahasiswa bukan hanya paham akan teori yang di ajarkan di kelas, tapi juga turun langsung ke lapangan.

“Teori penting, tapi kita barengi dengan praktik langsung ke lapangan, bagaiamana supaya mahasiswa tak hanya pintar akan teori yang di ajarkan tapi juga pada praktiknya langsung,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Tingkat Mahasiswa KPI Suratman mengaju senang dengan kegiatan tersebut. Menurutnya ini menjadi pembelajaran yang sangat berharga.

“Pengalaman dan menambah pengalaman lagi dalam bidang kepenulisan. Kita senang dan bersyukur dengan teori dan praktik yang di berikan,” tutupnya. (*)

  • Bagikan