SMES Expo 2023 Resmi Dibuka, Jadi Ajang Kolaborasi UMKM dan Perbankan

  • Bagikan
Pembukaan SMES Expo 2023 di TSM Makassar, Jumat 11 Agustus 2023.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Asisten II Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar Rusmayani Madjid resmi membuka SMES Expo di Pelataran Trans Studio Mal (TSM) Makassar, Jumat (11/8). Agenda ini akan berlangsung mulai 11-13 Agustus 2023.

Pada kesempatan itu, para pelaku UMKM kekinian dan andalan yang ada di Makassar, kembali mendapat tempat untuk menjual produk milik mereka di SMES Expo 2023.

Asisten II Kota Makassar, Rusmayani Majid hadir dalam pembukaan. Sebagai bentuk dukungannya kepada SMES Expo, perempuan yang merupakan mantan Kadispar Kota Makassar itu, ikut memborong beberapa jualan para penjual disana.

“Kue-kuenya enak, banyak juga kue tradisional yang dijual. Ini saya lihat ada kue taripang gula merah,” tuturnya sambil menunjuk salah satu booth didekatnya.

Rusmayani juga mengatakan jika ini merupakan ruang bagi UMKM binaan Diskop Makassar. Merupakan kegiatan bagaimana memberikan ruang kepada UMKM untuk kolabirasi dengan perbankan.

“Saya berharap bahwa ini akan terus dilaksanakan bahwa UMKM semakin berkembang. Dan salah satu masalah mereka adalah keuangan, sehingga hadirnya SMES Expo bisa jadi ruang kolaborasi dengan pemberi modal,” ucapnya.

Diketahui bersama bahwa usaha terkadang yang menjadi masalah adalah permodalan. Sebab dengan menggandeng perbankan dan OJK maka terjadi kolaborasi antara UMKM dan pemberi modal.

“Selain itu juga dalam rangka hari koperasi, maka diskop melaksanakan kegiatan ini,” tutupnya.

Kepala bidang Pembiayaan dan Simpan Pinjam Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Ade Ismar Gobel menjelaskan, pameran ini banyak aneka kuliner mulai dari kue, makanan berat seperti ayam geprek, paru rica dan menu lainnya berjejeran rapi di dalam booth.

Tak ketinggalan aneka minuman hingga kerajinan tangan dan produk fesyen memanjakan mata setiap pengunjung yang datang.

Ragam produk UMKM yang ditawarkan tersebut, rata-rata yang sekarang lagi viral dan di cari. Tak heran jika segmen pasarnya dari kalangan remaja hingga lansia.

Belum lagi, di lokasi SMES Expo disajikan meja dan kursi untuk pengunjung bisa menikmati kuliner yang ingin disantap langsung.

“Selain menjadi sarana promosi dan penjualan bagi pelaku usaha, Smes ini menjadi ajang interaksi dan kolaborasi UMKM dan perbankan,” ucap Ade Ismar.

Pameran kali ini ada 40 booth yang dipajang, 26 dari UMKM, 10 dari pihak perbankan kemudian sisanya dari inkubator center, PKK Kota Makassar dan Dekranasda kota Makassar.

Ade Ismar menjelaskan jika SMES sendiri itu bahasa inggris yang artinya UMKM.
Kegiatan ini sebetulnya memperingati hari UMKM. Kebetulan diadakan disemua kota. Makassar salah satu kota yang melaksanakan.

Terpisah, Salah satu penjual di SMES Expo, Syarifah Hana mengaku jika ia menjajakan kue-kue dipameran tersebut.

Menurut perempuan alumni Universitas Fajar ini, cara ini cukup penting karena memberi ruang bagi pelaku UMKM untuk unjuk gigi memamerkan produk-produk unggulan-nya.

“Ini sekaligus cikal bakal meningkatkan kapasitasnya untuk menjangkau pasar lebih besar,” ucapnya.

SMES Expo 2023 memang perdana dilaksanakan tahun ini. Namun bakal digadang-gadang menjadi agenda tahunan milik Diskop Makassar.

SMES EXPO berlangsung tgl 11 – 13 Agustus 2023. Adapun rangkaian Acara pertama, Opening Ceremony pada 11 Agustus dengan Lomba Inovasi Produk UMKM. Hari kedua tgl 12 Agustus ada PKK’s Got Talent.

Hari ketiga 13 Agustus, ada Lomba Kreasi Payung PKK, Lomba Inovasi Produk PKK dan Pengumuman PKK TikTok Challenge. Hari keempat, setiap harinya akan juga dimeriahkan dengan Band Performance, dan Talkshow. (*)

  • Bagikan