Dispursip Mamuju Gelar Lomba Cipta dan Baca Puisi

  • Bagikan
Kepala Dispursip Mamuju Muh Fausan Basir Buka Lomba Baca Puisi

MAMUJU, BACAPESAN.COM – Semarak HUT RI ke-78, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispursip) Kabupaten Mamuju gelar Lomba Cipta dan Baca Puisi, Selasa (22/8).

Kepala Dispursip Mamuju Muh Fausan Basir mengatakan kegiatan ini ada 2 jenis lomba yakni Cipta Puisi dengan tema kearifan lokal dan baca puisi dengan tema perjuangan.

“Kenapa kami pilih lomba baca puisi di Perpustakaan karena Dinas Perpustakaan menganggap Puisi merupakan ungkapan jiwa dan pemikiran yang mampu perasaan dan aspirasi,” ungkap Fausan.

Ia berharap, kegiatan lomba ini akan menjadi pengalaman yang bermakna bagi semua peserta. Pastinya mari berlomba dengan semangat sportif dengan menghargai semu usaha yang telah hadir dalam kegiatan ini.

“Untuk hadir disini dan tampil di atas panggung itu kalian sudah menjadi juaranya,” katanya.

Diketahui, jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 46 orang yang terbagi antara SD dan SMP se Kabupaten Mamuju.

Para peserta diwajibkan membawakan 2 puisi pilihan yang terdiri atas Puisi Diponegoro, Karawang-Bekasi, Persetujuan dengan Bung Karno yang merupakan karya Chairil Anwar. Kemudian Puisi Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini serta Sebuah Jaket Berlumur Darah karya Taufiq Ismail. Juga Bunga dan Tembok serta Sukmaki Merdeka karya Wiji Tukul.

Puisi Karya W.S. Rendra dengan judul Gugur, Gerilya, dan Doa Serdadu Sebelum Berperang. Lalu kemudian Puisi Karya Sapardi Djoko Damono dengan judul Hari Kemerdekaan dan Atas Kemerdekaan.

Selain itu juga terdapat puisi Putra-putri Ibu Pertiwi karya Mustofa Bisri, Lagu dari Pasukan Terakhir karya Asrul Sani, Pahlawan Tak Dikenal Karya Toto Sudarto Bachtiar, serta Musium Perjuangan karya Kuntowijoyo yang dapat menjadi alternatif pilihan peserta untuk dideklamasikan saat lomba berlangsung. (Sudirman/A)

  • Bagikan