Pemkot Parepare Tampilkan Produk Unggulan di Festival Rasai Kota di Ternate

  • Bagikan

TERNATE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), mempromosikan produk unggulannya pada pembukaan festival Sarasehan Istri Walikota Se-Indonesia di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut).

Hal ini disampaikan oleh Istri Wali Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, bahwa selain menghadiri Rasai Kota di Ternate, pihaknya juga membawa dan mempromosikan produk unggulan daerahnya yakni asesoris dari kerang laut, busana batik Sengkang Wajo serta busana batik Parepare.

Lanjutnya, bahwa busana hasil desainya tersebut merupakan bahan tenun etnis Tanah Toraja dan bahan sutra. Untuk kerang laut sendiri dibuat tempat tisu, bros dan tempat sabun.

“Prodak yang dipromosikan ini hanya sebagian besarnya saja namun masih ada stok lainya di daerah kami dan hasil kerajinan tangan dari Dekranasda ini merupakan binaan dari Pemkot Parepare,” ujarnya, Senin (2/10/2023), usai peresmian festival Rasai Kota di taman Nukila Ternate.

Ia menyebutkan, busana batik yang merupakan hasil karyanya sendiri itu sudah pernah mewakili Indonesia untuk tampil di mancanegara seperti Malaysia dan Turki.

“Sebenarnya busana tersebut akan tampil pada kegiatan Dekranasda Kota Parepare namun lantaran karena bertepatan dengan Rasai Kota sehingga kami lebih memilih untuk tampilkan di Kota Ternate,” jelasnya. Ketua TP PKK Kota Parepare itu.

Tak hanya itu, dirinya mengakui, bahwa stan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang pihaknya tempati tidak ada pungutan biaya lantaran sudah disiapkan oleh Pemkot Ternate.

Selain itu, dirinya berharap produk lokal yang dipromosikan di Kota Ternate bisa dikenal lebih luas lagi ke daerah lainnya yang ada di Indonesia, bahwa Kota Parepare mempunyai produk unggulan dengan ciri khasnya tersendiri.
(***)

  • Bagikan