Gowa Raih Instansi Terbaik Ketiga Nasional Penggunaan Aplikasi SiCantik Cloud

  • Bagikan
Gowa Raih Instansi Terbaik Ketiga Nasional Penggunaan Aplikasi SiCantik Cloud

GOWA, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa meraih penghargaan Instansi Terbaik Tiga Nasional Sebagai Kontributor Terbaik dalam Implementasi Aplikasi Perizinan SiCantik Cloud Tingkat Pemerintah Kabupaten Tahun 2023.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kolaborasi Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (17/10).

Atas penghargaan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni mengaku capaian tersebut tidak terlepas dari kerjasama seluruh pihak khususnya di Dinas PMPTSP Kabupaten Gowa yang menggunakan aplikasi ini dalam mempermudah perizinan di Kabupaten Gowa.

“SiCantik adalah aplikasi yang dikeluarkan dari pusat yang kemudian digunakan oleh PMPTSP dalam mempermudah perizinan. Aplikasi SiCantik ini masuk dalam salah satu penilaian SPBE untuk indikator layanan yang diharapkan kolaborasi SPBE ini agar benar-benar dapat diimplementasikan untuk pemanfaatan pelayanan pemerintah berbasis digital yang lebih efektif dan efisien,” ungkapnya.

Ia berharap dengan diraihnya penghargaan ini, dapat berkontribusi signifikan dalam penambahan nilai SPBE Pemkab Gowa untuk indikator layanan di pelayanan mandiri dan tahapan verifikasi oleh Menteri PAN RB.

Sementara Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Gowa, Indra Setiawan Abbas mengatakan Aplikasi SiCantik atau Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik merupakan sistem cloud untuk layanan perizinan non-berusaha dan non-perizinan yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

“Jadi aplikasi ini kita gunakan sejak tahun 2018 dan konsisten hingga saat ini untuk mempermudah layanan perizinan maupun non perizinan yang tidak tercover dalam OSS. Dimana dalam aplikasi SiCantik telah memiliki template dan pemerintah kabupaten/kota bisa mengcustom jenis perizinan atau non perizinan yang ingin dimasukkan,” ungkapnya.

Indra Setiawan mengaku aplikasi ini sangat membantu di Kabupaten Gowa, pasalnya digunakan secara gratis dan maintenance lebih murah dan cepat, sehingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat juga bisa lebih cepat.

“Kita tidak perlu membayar sewa server, cukup menarik dari server yang ada dari Kementerian dan itu aman, kemudian maintenance-nya lebih murah serta ketika terjadi trouble, tidak sampai 1 hari, 2 hari bahkan hanya beberapa jam bisa selesai,” jelasnya.

Olehnya ia berharap dengan diraihnya penghargaan ini, pemerintah pusat dalam hal ini kementerian dapat mengembangkan aplikasi SiCantik dengan mengintegrasikan terhadap MPP digital yang saat ini dibangun oleh pemerintah daerah.

“Sekarang tuntutan kita adalah Mall Pelayanan Publik sudah lebih luas menjadi MPP digital, nah apakah nanti ke depannya SiCantik ini bisa terkoneksi dengan MPP digital, sehingga tentunya kita berharap kementerian bisa mengimplementasikan itu, karena terus terang dengan adanya siCcantik ini kami dari pemerintah kabupaten bisa terbantu dengan baik karena gratis, tidak berbayar kemudian maintenance-nya lebih murah,” harapnya. (*)

  • Bagikan