Pj Gubernur Sulsel Hadiri Pesta Panen di Pinrang

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin Hadiri Pesta Panen di Pinrang

PINRANG, BACAPESAN.COM – Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menghadiri pesta panen di Kabupaten Pinrang, Kamis (2/11). Agenda itu dilaksanakan di Desa Pananrang, Kecamatan Mattiro Bulu.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah dan Masyarakat Tani Kabupaten Pinrang yang terus melakukan upaya sehingga mampu menghasilkan produksi padi 7-8 ton per hektar pada musim tanam kali ini.

Hasil ini, lanjutnya, mampu menutupi target 2 juta ton untuk provinsi Sulawesi Selatan yang didaulat sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

“Bulan ini, dari target 2 juta ton, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan baru mampu menghasilkan 1,7 juta ton, Namun dari laporan Pak Bupati Pinrang yang melaporkan hasil panen berada pada angka 7-8 ton per hektar maka saya yakin dapat memenuhi target nasional bahkan lebih,” ucap Bahtiar.

Oleh karena itu, lanjutnya, warga Kabupaten Pinrang harus banyak bersyukur, karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang, mampu mengelola jaringan irigasi dengan baik sehingga meskipun El-Nino, masyarakat masih bisa melakukan panen dengan hasil memuaskan.

Sementara itu, Bupati Pinrang Irwan Hamid mengungkapkan, dalam kondisi Kemarau Panjang akibat El-Nino, Pemerintah Kabupaten Pinrang terus melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan irigasi bagi 54 ribu hektar lahan pertanian.

Selain melakukan manajemen terhadap irigasi tehnis, lanjut Bupati Irwan, upaya juga dilakukan dengan memanfaatkan semua sumber daya salah satunya dengan memanfaatkan sistem pompanisasi.

Berkat upaya ini, lanjutnya, masyarakat Tani Kabupaten pinrang mampu menghasilkan 7-8 ton per hektar meskipun dalam keadaan kemarau Panjang.

Pada kesempatan ini, Pj.Gubernur didampingi Pj.Sekda Provinsi Sulawesi Selatan A.Muh.Arsjad, beberapa Kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Pj.Gubernur juga menyempatkan diri meninjau lahan perkebunan yang diperuntukkan untuk Budidaya pisang di Bottae, Kecamatan Mattiro Bulu. (*)

  • Bagikan