PWI Toraja Sukses Gelar Konferensi Pertama, Jerni Terpilih Sebagai Ketua

  • Bagikan
enyerahan bendara pataka PWI dari Plt ketua PWI Toraja ke pengurus PWI Sulsel, sebagai Konferensi PWI Toraja 1.

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Setelah perjuangan panjang selama kurang lebih 13 tahun akhirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Toraja terbentuk dan berhasil memisahkan diri dari PWI Luwu Raya dan Toraja dalam konferensi PWI Luwu Raya dan Toraja pada Maret 2022 lalu. Setelah menunggu kurang lebih satu tahun akhirnya PWI Toraja bisa menyelenggarakan konferensi pertama, Senin, 27 November 2023, di aula Ayam Penyet Rantepao.

Menurut wakil ketua bidang organisasi PWI Sulsel, Abdul Manaf dalam sambutannya pada kesempatan itu, menyampaikan bahwa PWI Toraja telah resmi memisahkan diri dari PWI Luwu Raya dan Toraja dalam konferensi ke-IV tahun lalu, kemudian PWI Sulsel mengeluarkan SK Plt pengurus pada September tahun lalu dan hari ini adalah konferensi yang pertama.

Disampaikan Manaf usai memimpin proses konferensi menjelaskan bahwa hari ini proses pemilihan berjalan lancar dan ketua terpilih secara aklamasi karena dari tiga calon ketua yang memasukkan berkas pendaftaran hanya 1 yang memenuhi syarat sesuai tata tertib (tatip) konferensi, yakni Jerni sehingga ditetapkan sebagai ketua terpilih.
Untuk itu dirinya meminta kepada ketua terpilih untuk segera melengkapi struktur kepengurusan dan menyerahkan ke PWI Sulsel untuk ditindaklanjuti.

Senada dengan itu menurut Plt ketua PWI Toraja, Yoel Rombe Datubakka dalam sambutannya menyampaikan bahwa konferensi pertama ini merupakan sejarah titik awal bagi PWI Toraja, setelah perjuang selama kurang lebih 13 tahun akhirnya tahun lalu secara resmi terpisah dari Luwu Raya namun baru bisa melaksanakan konferensi hari ini.

“kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kami selama ini, baik itu PWI Sulsel maupun PWI Luwu Raya sehingga PWI Toraja terbentuk. Dan terima kasih kepada pemkab Torut dan pemkab Tana Toraja serta semua pihak yang mendukung kegiatan konferensi pertama kami hari ini “ucap Yoel yang juga merupakan mantan ketua Korda PWI Toraja.

Dirinya berharap kepada ketua terpilih agar menjaga marwah organisasi bekerja sesuai ADRT dan PDRT organisasi.

Sementara itu ketua terpilih, Jerni Ma’guling yang merupakan jurnalis kabarmakassar.com menyampaikan terima kasih kepada semua pihak pihak yang mendukung.

Dirinya mengatakan bahwa program utamanya adalah peningkatan SDM anggota melalui pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan siap membangun kerja sama dengan kedua pemkab yang ada di Toraja, serta semua stakholder yang ada.

“PWI Toraja akan selalu membangun sinergi yang baik dengan pemerintah dan stakeholder terkait, menjalankan aturan organisasi dengan baik dan menjaga independensi wartawan ” pungkas Jerni. (Cherly)

  • Bagikan