Cegah Banjir, Kodim 1414 Tator Gandeng Pemkab dan Instansi Terkait Bersihkan Saluran Air

  • Bagikan
Kerja bakti Kodim 1414 Tator bersama Polri dan Pemkab Torut di terminal pasar Bolu.

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Sejak memasuki bulan Desember hampir tiap hari hujan di Toraja dan ini bisa berpotensi banjir, untuk itu Kodim 1414 Tator (Tana Toraja) yang masih membawahi 2 kabupaten, gandeng Polres Toraja Utara (Torut) dan pemerintah kabupaten (pemkab) Torut bergotong royong bersihkan saluran air di sekitar terminal pasar Bolu, kelurahan Tallunglipu Matallo kecamatan Tallunglipu Torut, Jumat 8 Desember 2023.

Menurut Kasdim 1414 Tator, Mayor Inf Oberan Tandirerung, kepada media disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan respon cepat terhadap dampak hujan lebat di wilayah Torut, yang dilakukan oleh TNI bersama Polri, dan pemkab bersatu untuk membersihkan saluran air yang tersumbat.

Dijelaskan Oberan bahwa karya bakti tersebut dilakukan karena kondisi disekitar terminal banyak tumpukan sampah, ranting dan dahan kering yang bisa menyumbat saluran air, sehingga berpotensi banjir di sekitar pasar Bolu.

“Apalagi akhir tahun ini intensitas hujan yang disertai angin kencang sangat tinggi, hampir setiap sore hari turun hujan di Toraja,” ungkap Oberan.

Untuk itu dirinya mengimbau agar warga selalu waspada mengingat perubahan cuaca yang dapat berubah setiap saat dan meminta masyarakat untuk tidak bepergian saat hujan dan juga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air dan berpotensi menyebabkan banjir.

Diketahui dalam beberapa hari ini jajaran Kodim 1414 Tator gencar melakukan kerja bakti disekitar kota Rantepao, terutama di pasar-pasar. (Cherly)

  • Bagikan