Kemnaker Buka Posko Pengaduan THR 2024

  • Bagikan
Menaker Ida Fauziyah (tengah) dan Dirjen PHI dan Jamsos Indah Anggoro Putri (kiri) dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (18/3)

JAKARTA, BACAPESAN.COM –– Kemnaker meluncurkan Posko THR 2024 sebagai tempat aduan dan konsultasi bagi pekerja atau buruh terkait pemberian THR Idul Fitri pada tahun ini.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan Surat Edaran Menaker Nomor M/2/HK.04/III/2024 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2024 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, untuk mendukung pelaksanaan pemberian THR tahun ini.

“Saya umumkan bahwa dengan dikeluarkannya SE ini maka Posko THR Kementerian Ketenagakerjaan telah dibuka kembali,” kata Menaker dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemanker) di Jakarta, Senin, (18/3/2024)

Posko THR itu dimaksudkan untuk memfasilitasi pengaduan dari pihak pekerja/buruh dan perusahaan terkait pembayaran THR. Posko itu juga dapat berperan sebagai tempat konsultasi mengenai THR.

Selain dapat dikunjungi secara langsung di Kantor Kemnaker, Posko THR juga dapat diakses melalui laman situs poskothr.kemnaker.go.id.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) dan Jaminan Sosial (Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri mengatakan bahwa terdapat pula call center 1500-630 dan kanal WhatsApp yang bisa dihubungi oleh para pekerja di nomor 08119521151.

“Jadi, mulai berlangsung besok, silahkan jika ada pertanyaan-pertanyaan, konsultasi dan ataupun pengaduan,” kata Indah Anggoro Putri, dikutip dari ANTARA.

Menurut data Kemnaker, Pokso THR Kemnnaker pada 2023 menerima 1.558 pengaduan dan sudah ditindaklanjuti sebanyak 1.434. Terdapat 124 kasus yang tidak dapat ditindaklanjuti. (fajar online)

  • Bagikan