Sambut Tahun Demokrasi, Mahasiswa Unibos Adakan Penguatan Demokrasi Lewat Kuliah Umum

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID- Menyambut pesta demokrasi tahun 2024, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bosowa (UNIBOS) gelar kuliah umum Penguatan Demokrasi dan Integritas Pemilu Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh BEM Fakultas Psikologi, BEM Fakultas Hukum, dan Bem Kema Fisip Universitas Bosowa Kamis (13/12/2022).

Kuliah Umum ini menghadirkan narasumber Ketua KPU Sulsel Faisal Amir, Bupati Bantaeng Dr. H. Ilham Syah Azikin, H. Laode Arumahi, Ketua Bawaslu Sulsel H. Laode Arumahi, Dekan Fakultas Hukum Unibos Dr. Yulia Hasan, Dekan Fakultas Psikologi Patmawaty Taibe, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Andi Burhanuddin.

Rektor Unibos, Prof Batara Surya yang juga hadir dalam kegiatan tersebut dalam sambutannya menuturkan, kegiatan ini sangat tepat dilaksanakan sebab tahun politik biasanya menjadi tahun yang bergejolak

“Kegiatan ini sangat bagus karena sebentar lagi negara kita akan melakukan pesta demokrasi, olehnya perlu Penguatan Demokrasi dan Integritas Pemilu Indonesia dari sudut pandang praktisi dan akademisi” paparnya.

“Narasumber kita ada dari Bawaslu, KPU, dari dosen fakultas psikologi, hukum, dan sosiologi mereka semua merupakan akademisi dan praktisi yang ahli di bidangnya. Ini adalah Konsep untuk meunculkan dialektika demokrasi dari sudut pandang yang berbeda” tambah Prof Batara.

Melalui kegiatan ini, pihaknya juga berharap mahasiswa memetik banyak ilmu.

“Saya berharap dari kuliah umum ini banyak ilmu baru yang dapat dikembangkan tentunya untuk masyarakan dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dalam menjalankan demokrasi, dan bangsa bisa lebih sukses lagi kedepan” pungkasnya.

Selanjutnya Founder Bosow Aksa Mahmud dalam sambutannya mengatakan kegiatan seperti ini tepat dilaksanakan agar membuka cakrawala mahasiswa dalam mengenai demokrasi.

“Dengan memahami sistem demokrasi yang ada maka kita akan mengetahui dunia seperti apa, demokrasi harus dikaji dan didiskusikan karena kita pasti akan lalui dan mahasiswa Unibos kedepannya akan memegang estafet kepemimpinan”

“Saya harap unibos akan melahirkan pemimpin-pemimpin demokrasi, tentunya dengan mempersiapkan diri dengan salah satu caranya seperti mengadakan kuliah umum, diskusi ilmiah dan lainnya yang menghadirkan para akademisi dan praktisi di bidangnya. Saya juga memiliki visi ke depannya mungkin mahasiswa Unibos akan mulai menulis skripsi, tesis dan disertasi dalam bahasa Inggris, agar mahasiswa Unibos terlatih dalam bahasa Inggris dan dapat memimpin forum-forum Internasional, dan bersaing secara Global” jelasnya. (*)

  • Bagikan