Latih Warga Bantaeng Produksi Sabun, ARW: Bisa Jadi Lahan Bisnis

  • Bagikan
Anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Andi Wittiri (ARW) usai membuka pelatihan kepada warga Bantaeng membuat sabun di Hotel Kirei, Bantaeng, Selasa (22/8/2023).

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Anggota Komisi VII DPR RI, Ridwan Andi WIittiri (ARW) terus mendorong masyarakat agar bisa membuat produk rumah dengan memberikan pelatihan kepada warga Bantaeng membuat sabun dengan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (HRIN) di Hotel Kirei, Bantaeng, Selasa (22/8/2023).

Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel ini menyampaikan jika membuat sabun merupakan produk rumahan yang bisa menjadi lahan bisnis untuk warga Sulsel khususnya di Kabupaten Bantaeng.

“Dengan adanya pelatihan ini menjadikan peluang bisnis dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat dalam membuat sabun dan memproduksi untuk dijual sehingga meningkatkan hasil perekonomian bagi masyarakat di provinsi Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Bantaeng,” kata ARW.

Ridwan Andi Wittiri juga menyebutkan bahwa sabun terdiri dari bahan utama dari campuran minyak atau lemak, bahan tersebut bisa berasal dari bahan nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan berbagai bahan kimia yang aman digunakan.

“Kunci penting dalam cara membuat sabun yaitu memperhatikan setiap bahan yang terkandung di dalamnya. Perlu dipahami, sabun dibuat dari kombinasi lemak dan bahan alkali yang bereaksi melalui proses kimia yang disebut saponifikasi. Saponifikasi membuat zat yang dapat menggabungkan air dan minyak,” tuturnya.

Bakal Caleg DPR RI Dapil Sulsel 1 ini pun berharap kepada peserta yang hadir agar mengikuti pelatihan dengan baik.

“Nanti ilmu yang didapat di sini juga bisa diajarkan ke keluarga dan masyarakat di lingkungannya, Sehingga kita secara bersama-sama bisa mewujudkan SDM yang berkualitas agar bisa memproduksi sendiri baik itu sabun mandi ataupun sabun cuci yang dibutuhkan di Rumah Tangga,” tuturnya.

“Selain dapat ilmu baru masyarakat kita harap dapat menciptakan peluang usaha baru yaitu membuat sabun secara mandiri,” tutupnya. (*)

  • Bagikan